Pacar Dinikahi Orang Yang Berani Lamar, Salah Siapa?

0
172
Selmadena Aquilla
Selmadena Aquilla

Akhir akhir ini  ada berita heboh dari jagat dunia maya tentang kontroversi Putra Amien Rais yang menikahi wanita yang sudah punya pacar . Pro kontra mewarnai berita tersebut, terlebih lagi kisah sejenis yang tidak terlalu meledak pun sebetulnya banyak terjadi di masyarakat seperti ini

 

gagal nikah
Gagal nikah usai pacaran 5 tahun, pria ini peluk mantan di pelaminan

Saya pun merasa iba dengan pria tersebut. Apalagi orang yang mengalami nya, jangan di bayangkan hancur nya seperti apa. 

Fenomena seperti ini dapat terjadi kepada siapapun, dengan rentang hubungan pacaran yang seumur jagung, maupun yang sudah seusia kredit mobil. Bisa terjadi kepada rakyat jelata maupun orang gedongan. Dengan semua pro kontra yang ada di masyarakat tertentu nya menjadi  menarik untuk kita gali lebih jauh.

Apa itu pacaran?


Sebelum kita gali semakin dalam, kita cari tahu dulu apa sih sebenarnya pacaran itu. Pembahasan kali ini di fokuskan kepada pasangan yang ‘bukan alay’ ya. hehe

Oke,, lalu apa itu pacaran, pacaran adalah hubungan yang terjalin antara 2 insan manusia dewasa yang memiliki visi dan tujuan besar yang sama.

Namun banyak orang yang menjalin hubungan pacaran tidak memiliki tujuan yang jelas (menikah), dibiarkan mengalir begitu saja tanpa tau arah alirannya mau kemana.

Permasalahannya adalah, wanita merupakan pihak yang paling dirugikan dengan hubungan yang tidak bertujuan jelas seperti ini. Dan karena tidak mau terus merugi makanya wanita umumnya adalah pihak yang paling menghendaki untuk cepat menikah.

Wajar kalau wanita baik ingin cepat menikah


Mengapa sangat wajar karena wanita adalah makhluk yang kelak menjadi ibu, berkewajiban mengurus anak-anaknya sampai dewasa. Semua hal itu membutuhkan waktu dan tenaga di usia produktif. Karena usia produktif untuk hamil dan mengurus anak terbatas, itulah alasan mengapa wanita yang baik ingin sekali cepat menikah.

Karena ia tidak mau menjadi ibu yang terlalu tua pada saat memiliki keturunan. Ia ingin menjadi seorang ibu, dimana pada saat anaknya sudah besar ia masih bisa jalan bersama dengan anaknya. Dan pada saat sudah memiliki cucu kelak, ia pun tidak terlalu tua untuk sekedar menjadi teman curhat cucu nya.

Sudah jelas wanita ingin seperti itu tetapi banyak pria yang tau tapi tidak benar-benar memahami keinginan wanita diatas. Sehingga bisa dengan enteng untuk tidak memberikan kepastian kapan pernikahan akan dilangsungkan.

Alasan pria menghindari atau menunda pernikahan


Pihak wanita yang berkeinginan menikah kadang harus menunggu pasangannya untuk bener-benar mewujudkan janji suci tersebut. Secara umum inilah beberapa alasan kebanyakan pria menunda pernikahannya :

  • Belum cukup mapan secara ekonomi (belum punya rumah/mobil/posisi yang aman di kantor dll)
  • Belum punya modal untuk menikah
  • Masih ingin bebas
  • Belum dapat restu dari orang tua
  • Belum berani berkomitmen
  • Masih punya tanggungan lain
  • Belum selesai sekolah/kuliah/s2
  • Dan alasan-alasan lainnya

Dari berbagai alasan tersebut, alasan ekonomi atau menunggu mapan lah yang paling banyak terjadi. Lantas jika pria memiliki alasan seperti alasan buatlah wanita anda mau menunggu.

Bagaimana agar wanita mau menunggu?


Apabila anda kaum pria memiliki kendala sehingga harus menunda pernikah kalian, hal yang perlu anda lakukan adalah kemukakan dengan jelas kapan kendala yang anda alami akan terselesaikan, beri tenggat waktu yang jelas, bukan jawaban normatif  “secepatnya”.

Contoh apabila kendala anda adalah belum punya modal menikah, beritahu kapan modal nikah tersebut akan terkumpul. Kalau kendala nya ada di sekolah, beritahu kapan sekolah anda selesai.

Selain itu faktor yang tidak kalah penting adalah tunjukan apa value anda. Tunjukkan kualitas diri anda dan akan menjadi apa anda di masa depan. Semakin berkualitas anda, maka semakin layak anda untuk di tunggu.

Sebaliknya kalau anda tidak punya kualitas diri yang baik, wajar dong kalau dengan mudah di tinggalkan wanita.

Tunjukan apa value anda. Tunjukkan kualitas diri anda dan akan menjadi apa anda di masa depan. Semakin berkualitas anda, maka semakin layak anda untuk di tunggu. – Irfan Hikmatiar

Sampai kapan wanita harus menunggu?


Kemudian jika anda sebagai wanita harus menunggu, sampai kapan anda harus menunggu? Hmm tidak ada jawaban pasti untuk hal ini, semua nya tergantung anda.

Namun tunggulah dia sampai tanggal waktu yang dia janjikan untuk memberikan kepastian pernikahan kepada anda. Jika tenggat waktu sudah habis, anda masih boleh bersabar dengan memberikan satu kesempatan tenggat waktu lagi.

Jika sudah 2 kali kesempatan tidak kunjung menjadi jelas kabar pernikahan anda. Lebih baik anda berfikir ulang akan hubungan kalian berdua. Mungkin itu adalah jalan tuhan untuk menunjukkan bahwa dia bukan jodoh anda.

Bagaimana jika ada yang melamar sedangkan anda (wanita) sudah punya pacar?

  • Jika ada yang melamar tetapi pria anda sedang berjuang untuk pernikahan anda jangan lah terima lamaran tersebut. Yakinlah akan pasangan anda saat ini berilah ia kesempatan, andai pasangan anda sekarang belum lebih sukses saat ini dari yang melamar anda bukan berarti dia tidak sukses di masa depan bukan?
  • Jika ada yang melamar tetapi pria anda tidak jelas kapan akan menikahi anda, serta tidak memiliki kualitas diri yang baik. Maka gunakanlah akal sehat anda.

 

Kesimpulan


halalkan atau tinggalkan

Berdasarkan cerita heboh diatas tentang putra Amin Rais yang melamar orang yang sudah memiliki pacar, bukanlah hak kita sebagai orang yang tidak tahu bagaimana cerita sesungguhnya untuk menghakimi. Hal seperti itu dapat terjadi kepada siapa saja dan dimana saja.

Jika anda tidak mau mengalami hal tersebut maka segeralah halalkan pasangan anda karena yang hanya sekedar mencintai akan kalah dengan yang berani melamar. Atau jika anda belum memiliki pacar ada cara yang lebih baik ketimbang pacaran, tanpa resiko tersakiti, maupun menyakiti yaitu Taaruf.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika anda pernah mengalami hal seperti cerita diatas ataupun anda ingin bertanya, anda bisa menyampaikannya melalui komentar dibawah ini sekarang juga. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here