Sukses Dunia Akhirat Dengan Ilmu Yang Bermanfaat

0
271
menuntut ilmu

 

Dunia yang kita tinggali saat ini sudah sangat jauh berkembang dibandingkan 500 tahun lalu. Sejarah  mencatat banyak penemuan revolusioner yang di hasilkan manusia seperti listrik, internet, pesawat terbang, dan berbagai penemuan lain di berbagai bidang.

Penemuan tersebut membawa manfaat besar bagi manusia,hal itu wajar karena di hasilkan dari pengetahuan serta penelitian yang membutuhkan usaha biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Dan menurut KBBI, segala pengetahuan tentang suatu bidang.  Yang disusun secara bersistem dan dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang pengetahuan tersebut adalah ilmu.

Pentingnya menuntut ilmu


Besar sekali manfaat ilmu bagi peradaban umat manusia, penerapan dari ilmu dapat membuat kita dapat berpindah ke suatu tempat dengan cepat, dapat membuat kita hidup dari dunia yang gelap menjadi terang .

Lalu dalam konteks yang lebih sempit, ilmu dapat menjadikan setiap individu menjadi lebih maju, maju dalam bidang ekonomi, sosial dan segala aspek sendi kehidupan.

Karena penting nya memiliki ilmu, orang yang menuntut dan memiliki ilmu pun memiliki keutamaan yang tertulis di dalam Al-Quran maupun hadist nabi, diantaranya :

“Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya, dan barang siapa yang ingin selamat dan berbahagia di akhirat, wajibllah ia mengetahui ilmunya pula, dan barang siapa menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki kedua-duanya pula”. (H.R. Bukhari dan Muslim)
“Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat”. (quran 58 :11)

Oleh karena itu menuntut ilmu adalah wajib hukumnya, hal itu sesuai dengan sabda nabi :

“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”. (hadits riwayat tirmidzi).

Lantas ilmu yang mana yang wajib di pelajari? Yaitu ilmu agama dan juga ilmu dunia. Tidak bisa kita hanya mempelajari ilmu agama atau dunia saja, kedua nya tentu harus beriringan. Tetapi tetap jangan lupa, prioritas nya ada di mempelajari ilmu agama. Karena dunia yang kita tempati saat ini hanyalah sementara.

Ilmu yang di pelajari dan di amalkan


 

ilmu tanpa amal umpana pohon tanpa buahnya
ilmu tanpa amal umpama pohon tanpa buahnya

Setelah mempelajari sebuah ilmu, ilmu yang paling baik adalah ilmu yang di amalkan atau di ajarkan. Tidak peduli secanggih apa ilmu tersebut kalau tidak di amalkan ya percuma.

Hal ini seperti jika kita sudah matang dalam sebuah ilmu, jika tidak di bagikan tentu yang namanya matang lama-lama akan busuk.

Untuk mengamalkan sebuah ilmu tidak harus menunggu lulus sekolah dulu, menunggu selesai kursus, menunggu selesai pesantren, kita bisa membagikan nya kapanpun. Karena kita tidak pernah tahu kapan ajal menjemput. Sangat disayangkan apabila tidak di bagikan, ilmu tersebut tidak menjadi amal jariah untuk investasi di akhirat kelak.

Di sisi lain ilmu yang diamalkan atau di ajarkan membuat kita yang mengajarkannya justru semakin menguasai ilmu tersebut. Karena pada saat mengajarkan, otomatis otak kita memanggil ulang memori tentang ilmu tersebut di otak, yang menjadikan memori tersebut justru semakin kuat.

Nah setelah ilmu di amalkan, hal yang paling penting adalah..

Ilmu yang di pelajari dan di amalkan dengan ikhlas


Yup ilmu yang di amalkan dengan ikhlas. Hal ini merupakan hal yang terdengar sederhana tapi tidak mudah juga untuk di lakukan. karena syaitan tidak pernah putus asa dalam menjerumuskan manusia kedalaman neraka.

Ikhlas adalah memberikan sesuatu tanpa berharap imbalan apapun.

Di luar sana tidak sedikit orang yang membagikan ilmu nya tapi tidak ikhlas. Contoh orang yang katanya ustadz dan memiliki ilmu, tapi kalau di minta untuk berceramah di sebuah tempat harus di bayar sekian juta sampai puluh juta. Dan bayaran ini adalah fee yang sama saja seperti penyanyi mau naik panggung, bukan hanya sekedar transportasi.

Kalau dari awal niat nya menjadikan ilmu tersebut sebagai mata pencaharian seperti guru sekolah, guru les, dosen, ya tidak masalah untuk memasang tarif.

Tetapi kalau dalam kaitan membagikan ilmu untuk mendapatkan ridha Allah lakukanlah dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Berbagi ilmu sangat mudah di jaman sekarang


Untung nya berbagi ilmu di jaman sekarang sangat mudah. Kita bisa membuat nya melalui tulisan, gambar atau video lalu di bagikan melalui media Online. Makanya tidak heran jaman sekarang banyak orang yang membagikan ilmu secara gratis di Youtube, kalau dalam contoh ilmu agama ada Yufid, Rodja, Ustadz Khalid dan lain sebagainya.

Karena kalau kita hanya membagikan ilmu secara offline, hanya ada beberapa orang yang mendapatkan ilmu tersebut. Nah kalau di bagikan nya secara online, semakin banyak di share ulang dan di pelajari orang, akan menjadi passive pahala bukan untuk kita?

Akhir kata


Nah itu dia keutamaan menuntut ilmu dan mengamalkan nya dengan hati yang ikhlas. Yuk mari sama-sama untuk selalu belajar dan berbagi ilmu. Agar tidak menjadi orang yang merugi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here