Salah Besar Jika Anda Menilai Mendengarkan Itu Mudah!

0
131
waktu berkomunikasi

Mendengarkan adalah bagian dari kemampuan berkomunikasi dasar yang paling sering di gunakan. Hal itu di konfirmasi oleh penelitian dari Adler, R., Rosenfeld, L. and Proctor, R. (2001) yang menunjukkan orang dewasa umumnya menghabiskan 70 sampai 80 persen aktivitas nya dalam bentuk komunikasi.

Rincian nya adalah 9 persen menulis, 16 persen membaca, 30 persen berbicara, dan 45 persen mendengarkan. Studi juga mengkonfirmasi bahwa kebanyakan dari kita adalah pendengar yang buruk dan tidak efisien.

Kebanyakan orang mendengarkan hanya yang ingin di dengar karena penasaran atau hanya ingin tahu. Tidak tulus mendengarkan percakapan lawan bicara sampai habis karena bosan, sehingga pada saat mendengarkan justru pikiran kita malah memikirkan hal lain.

Selain itu kebanyakan orang mendengarkan bukan dengan niatan untuk memahami apa yang di katakan lawan bicara, tetapi mendengar dengan niat untuk membalas percakapan.

“Most people do not listen with the intent to understand. They listen with the intent to reply”

Oleh karena itu mayoritas persoalan manajemen adalah akibat dari komunikasi yang tidak lancar dan 60% diakibatkan oleh ketidakmampuan untuk mendengarkan

Pertanyaannya apakah anda seperti itu?

Jika iya maka anda belum memiliki kemampuan mendengarkan dengan baik. Oleh karena itu selamat karena anda sudah sadar dan sekarang adalah momen yang tepat untuk memperbaiki kemampuan mendengarkan anda.

mendengarka dengan hati

Mendengarkan bukan hanya proses masuk nya gelombang suara kedalam gendang telinga, tetapi mendengarkan adalah proses komunikasi dalam bentuk suara dimana kita menterjemahkan suara tersebut guna tercapainya komunikasi yang efektif.

Memperbaiki kemampuan mendengarkan tidaklah mudah karena sejauh ini belum ada training mendengarkan yang bersifat umum yang dapat dengan mudah di ikuti oleh orang. Tidak seperti training berbicara yang memiliki banyak bentuk training seperti public speaking dan lain lain.

Selain itu kemampuan berfikir lebih cepat daripada mendengarkan, sehingga jika pikiran tidak di kontrol akan membuat kita tidak fokus untuk mendengar.

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan mendengarkan?


Cara efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan adalah fokus terhadap apa yang di bicarakan lawan bicara, gunakan telinga anda untuk mendengar, gunakan mata anda untuk melihat serta mengamati bagaimana ekspresi dan bahasa tubuh nya serta gunakan pikiran dan hati anda.

Karena kalau tidak seperti itu anda belum bisa di katakan sebagai pendengar yang baik. Pendengar yang baik selalu fokus kepada lawan bicara, bukan ke handphone atau kedalam pikiran anda yang sedang mengalir.

“Effective listening requires concentration and the use of your other senses – not just hearing the words spoken.”

Karena percayalah, sefokus apapun anda mendengarkan, anda sama dengan tidak mendengarkan apa apa pada saat anda mendengarkan sambil fokus kepada hal lain. Mau bukti?

Permainan sederhana


listen 2 people

Kalau begitu anda bisa mempraktikan permainan sederhana ini yang dapat menguji seberapa baik kemampuan mendengarkan anda.

Jadi aturan nya adalah, anda butuh 2 orang partner untuk menjalankan permainan. Diperbolehkan dengan sambil duduk atau berdiri. Sedangkan di serong kanan dan kiri anda adalah rekan yang akan membantu jalan nya permainan. Kurang lebih ilustrasi nya seperti gambar diatas.

Permainan nya adalah pada saat bersamaan kedua teman anda berbicara dua topik yang berbeda di waktu yang sama dengan volume suara yang sama selama satu menit.

Setelah 1 menit selesai coba anda ceritakan kembali apa yang mereka berdua katakan.

Siap?

Kalau siap anda bisa mempraktikan ini sekarang jika memungkinkan atau pada saat waktu anda senggang.

Nah jika sudah, apa yang anda rasakan pada saat mendengarkan 2 orang di saat yang bersamaan? Bagi yang sudah mempraktikan, anda bisa tulis komentar tentang bagaimana melakukan permainan tersebut di kolom komentar di bawah.

Akhir kata


Nah itu dia seri 1 dari artikel tentang cara meningkatkan kemampuan mendengarkan. Agar anda dapat membaca berbagai artikel lanjutan dan artikel menarik lainnya. Anda dapat mengklik tombol like facebook yang ada di samping atas anda. Atau di bawah anda jika anda saat ini sedang membaca menggunakan smartphone.

Ternyata mendengarkan tidak semudah yang kita kira bukan? Selamat memperbaiki kamampuan mendengarkan, semakin anda perbaiki percayalah anda akan menjadi orang yang semakin tulus, peduli akan orang lain. Karena anda selalu mendengarkan mereka bukan cuma dengan telinga tetapi juga dengan mata dan dengan hati. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here