4 Tips Agar Konsisten Dalam Menulis

0
116
konsisten menulis

Setiap hari ada jutaan tulisan yang terbit di berbagai belahan dunia, baik di dunia nyata seperti buku dan koran atau di dunia online seperti website atau blog. Dibalik tulisan tulisan tersebut ada penulis yang sangat pandai membuat tulisan entah karena memang sudah pekerjaan nya ataupun sebagai hobi.

Walaupun anda bukan seorang penulis profesional yang hidup dari tulisan demi tulisan. Saya sadar, banyak dari anda yang memiliki tujuan agar dapat menulis secara konsisten, termasuk anda yang saat ini membaca tulisan ini bukan?. Sayangnya tidak sedikit pula yang awalnya niat untuk konsisten menulis tetapi malah loyo di tengah jalan.

Bingung mau menulis apa, tidak ada inspirasi dan lain sebagainya. Nah berdasarkan pengalaman saya, disini saya ingin sharing kepada anda bagaimana sih cara nya agar dapat konsisten dalam hal menulis terutama melalui media blog seperti ini.

  1. Sadari bahwa menulis memiliki dampak yang besar terhadap kepribadian

Inilah hal yang paling penting, anda perlu paham mengapa menulis sangatlah penting. Berdasarkan pengalaman saya di sebuah komunitas bisnis. Saya banyak melihat orang yang menjalani bisnis tetapi memiliki background pendidikan yang kurang. Nah dari orang-orang tersebut, tidak sedikit yang dalam beberapa tahun terlihat kepribadian nya tumbuh sangat luar biasa yang salah satu nya karena konsisten menulis.

Cara berfikirnya, cara bertindak dan banyak aspek di diri orang tersebut yang berubah. Dan seiring berubah nya kepribadian mereka, maka berubah pula kapasitas rejeki nya menjadi bertambah besar.

Nah apabila anda paham bahwa menulis memiliki dampak yang besar terhadap kapasitas diri, tentunya anda menjadi semakin bersemangat bukan untuk menulis?

2. Pada saat mendapat ide, langsung catat

mencatat

Lalu apabila anda sudah paham tentang betapa petingnya menulis, kendala klasik dari para penulis pemula adalah tidak adanya ide. Faktanya anda sesungguhnya memiliki banyak ide yang terlintas di kepala, namun anda tidak menangkap lintasan ide tersebut.

Oleh karena itu agar anda tidak kehabisan ide untuk menulis, anda perlu mencatat setiap ide yang terlintas di kepala, baik melalui kertas ataupun notes di ponsel. Saya pribadi saat artikel ini di buat, memiliki 10 draft tulisan hasil tangkapan ide-ide saya yang terlintas. Beberapa di antaranya sudah hampir menjadi satu tulisan utuh dan sebagian nya masih terdiri dari judul dan poin besar tulisan.

“Tangkaplah setiap ide yang terlintas, maka anda tidak akan pernah kehabisan bahan tulisan” – Irfan Hikmatiar

3. Membaca banyak bahan bacaan

embaca adalah penulis

Tidak ada seorang penulispun yang tidak membaca. Membaca membuka cakrawala dunia, membaca dapat membuat emosi pembacanya kesal, marah, bahagia, sedih, termotivasi dan lainnya. Membaca memberikan dampak yang luar biasa bagi para pembaca. Lalu apabila orang yang tidak menulis pun sangat penting untuk membaca, apalagi bagi para penulis.

Membaca dan menulis merupan sebuah kesatuan yang tidak bisa di pisahkan sepeti dua sisi mata uang. Saya pernah membaca sebuah blog, blog tersebut ditulis dengan sangat tidak menarik, struktur nya buruk, tata bahasa nya ‘luar biasa’ dan pembahasannya tidak memiliki alur yang jelas. Dari situ saya yakin bahwa penulis blog tersebut bukan lah seorang pembaca.

Karena seorang penulis haruslah membaca. Dari membaca kita akan melihat bagaimana seni dalam sebuah tulisan, struktur kata yang menarik, meningkatkan vocabulary dan juga membaca dapat menjadi inspirasi kita dalam menulis. Dengan membaca anda dapat menuliskan ulang apa yang anda sudah baca dan memperbaikinya menjadi sebuah tulisan yang lebih baik lagi. Selain itu benefit lainnya adalah bacaan yang anda tulis kembali akan menempel di memori otak lebih dengan lebih baik lagi.

Selain itu kabar baik nya adalah ada jutaan buku dan juga tulisan yang ada dunia, baik offline maupun offline yang tersedia, sehingga rasanya dijaman seperti saat ini tidaklah relevan lagi alasan tidak memiliki ide menulis.

Selain itu anda pun dapat menjadikan video, presentasi, seminar, audio yang anda pelajari menjadi tulisan juga. Pokoknya ada sejuta jalan bagi anda untuk mendapatkan ide menulis.

4. Pahami tulisan anda membawa dampak bagi orang lain

Satu perkataan menembus satu kepala, sedangkan satu tulisan menembus jutaan kepala. Yup menulis merupakan media yang tepat untuk merubah hidup banyak orang. Banyak sekali kita lihat, buku-buku best seller dunia yang sangat bermanfaat sekali bagi jutaan orang bahkan meskipun penulisnya sudah meninggal dunia. Seperti buku hijau “How To Win Friends and Influence People” atau buku “7 Keajaiban Rejeki” karangan Ippo Santosa.

Tulisan yang anda buat dengan sepenuh hati agar bermanfaat bagi orang lain pun akan memberikan anda limpahan pahala yang tidak terkira banyaknya.

Akhir kata

Setelah anda selesai membaca 4 tips diatas, semoga anda menjadi lebih bersemangat dan konsisten dalam hal menulis. Bagi anda yang punya tips lain agar dapat konsisten dalam menulis, anda boleh tambahkan ide anda tersebut melalui komentar dibawah. Terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here