4 Alasan Mengapa Olahraga Lari Semakin Digemari 

0
107
lari di perkotaan

Olahraga lari merupakan aktivitas gerakan tubuh yang sangat sederhana. Kedua kaki hanya perlu bergerak cepat, dengan irama gerakan yang berkesinambungan. Lari juga merupakan olahraga paling tua yang ada sejak zaman dahulu tetapi masih ada sampai zaman sekarang.

Namun walaupun olahraga ini umurnya sudah lama sekali, olahraga lari justru semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.Oleh karena itu, menarik untuk disimak apa yang mebuat lari semakin populer dalam beberapa tahun belakangan.

1.Olahraga lari mudah dan murah


sepatu lari

Olahraga ini merupakan olahraga yang sangat murah. Hanya di perlukan sepatu lari dan lokasi nya pun bisa di mana saja. Berbeda dengan renang yang harus ada kolam nya. Bersepeda yang harus ada sepeda nya. Lari hanya memerlukan sepatu, bahkan untuk yang tidak punya sepatu lari pun masih bisa menggunakan jenis sepatu lain. Ya walaupun sedikit kurang nyaman, tetapi bisa digunakan untuk berlari. Jaman sekarang rasanya tidak ada yang tidak punya sepatu artinya semua orang sesungguhnya dapat berlari.

2.Bisa di lakukan di mana saja


lokasi lari

Kemudahan olahraga ini bukan hanya terletak pada perlengkapan nya yang sederhana. Tetapi terletak juga pada kemudahan lokasi. Tidak ada olahraga apapun yang semudah lari. Berenang harus pergi ke kolam renang. Angkat berat harus pergi ke tempat Gym, sepakbola harus pergi ke lapangan. Bahkan lari bisa di lakukan di depan rumah atau komplek, sehingga bagi para pemula tidak perlu pergi jauh seperti olahraga lainnya.

3.Adanya aplikasi lari


aplikasi lari

Perkembangan teknologi ternyata membuat lari menjadi semakin populer. Di jaman telepon pintar saat ini tersedia banyak sekali aplikasi yang membantu memudahkan kita dalam banyak hal, salah satu nya dalam hal berlari. Dengan adanya aplikasi lari, berlari tentu menjadi semakin menarik, karena kita dapat melihat sejauh mana perkembangan kemampuan lari kita, total jarak tempuh, rekor pribadi dan juga bisa berkompetisi dengan teman-teman.

Hal-hal tersebut menjadikan lari semakin interaktif serta menyenangkan. Sehingga banyak orang yang mau berlari dan semangat karena ada catatan nya. Kalau catatannya bagus dan di lihat orang ini tentu menjadi semakin semangat bukan?

4.Banyak nya event maraton


maraton di jakarta

Nah setelah semakin banyak orang yang berlari, entah sendirian atau bersama komunitas. Tentu catatan lari di aplikasi dapat menunjukan seberapa baik kemajuan dan kemampuan lari. Umumnya setelah melihat catatan baik tersebut, ada keinginnan untuk menguji kemampuan melalui event yang serius seperti lari marathon. Makanya tidak heran semakin banyak saja event maraton setiap tahunnya di berbagai tempat. Hal ini menunjukan adanya antusiasme yang tinggi dan bertambahnya orang yang mencintai olahraga ini.

Di setiap event maraton biasanya mulai dari lari jarak pendek seperti 5Km, 10Km, half marathon sampai full marathon. Untuk para pemula bisa mulai dari jarak yang paling pendek dulu yaitu 5Km atau 10Km. Baru di lanjutkan ke jarak yang lebih jauh apabila sudah mampu.

Akhir kata


Itu dia beberapa alasan mengapa olahraga lari menjadi semakin digemari. Bagi anda yang saat ini sudah rutin berlari artinya anda sudah menemukan apa alasan dan nikmatnya berlari. Bagi anda yang belum anda bisa mencoba dahulu lari-lari jarak pendek sendirian atau bersama teman. Dan jangan lupa gunakan aplikasi lari agar semua perkembangan anda tercatat dengan baik sehingga menambah motivasi anda. Salam sehat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here